Karnaval Kemerdekaan dan Festival Kuliner Tradisional HUT RI Ke - 70 SMK Muhammadiyah 3 Metro

Karnaval Kemerdekaan dan Festival Kuliner Tradisional HUT RI Ke - 70  SMK Muhammadiyah 3 Metro
Muhammad Try Wibowo, S.Kom Rabu, 26 Agustus 2015 - 11:13 AM Dibaca 1745 kali Kategori: Aktifitas Sekolah

SMK Muhammadiyah 3 Metro – dalam rangka memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 70 tahun ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Metro menggelar berbagai perlombaan. Diantaranya lomba karnaval hingga kreasi makanan nusantara dan ditutup dengan upacara bendera, senin, (17/18). Kepala SMK Muhammadiyah 3 Metro Khoeroni, S.Sos.I didampingi Waka Kesiswaan Harmaji, S.T mengatakan tujuan lomba karnaval dan kreasi masakan nusantara ini untuk memumpuk nilai-nilai nasionalisme terhadap siswa-siswi di era globalisasi saat ini.

Seperti kegiatan Karnaval ini digelar untuk mengenanag kembali para pahlawan yang telah gugur dalam melawan penjajah. “Sehingga para peserta karnaval diminta mengenakan kostum adat budaya dan profesi dari berbagai daerah seperti petani hingga tentara indonesia” ujarnya. Sedangkan rute pawai karnaval ini berkeliling di seputaran jalan Soekarno-Hatta Mulyojati 16 B Metro barat. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa siswi SMK Muhammadiyah 3 Metro dari 6 jurusan diantara Keperawatan, Farmasi, Analis Kesehatan, Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta Elektronika Industri. Tak hanya karnaval kemerdekaan, namun sebelumnya pada Sabtu (15/08) lalu juga diadakan lomba kreasi memasak nusantara berbahan umbi umbian dengan jumlah 54 kelompok. Uniknya setiap kelompok hanya menggunakan dana maksimal sebesar Rp. 100.000. “Bahan Umbi umbian tersebut diolah sedimikian rupa dan sekreatif mungkin menjadi makanan siap saji untuk dinilai oleh dewan juri”. Terangnya selain lomba kreasi memasak, lanjutnya dalam penilaian lomba ini siswa juga di tuntut kreatif, inovatif, edukatif dan produktif khusunya dalam mengikuti lomba karnaval khusunya dalam mengenakan kostum saat karnaval kemerdekaan. Sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi para siswa. Masih menurut Harmaji, tahun 2015 ini 2 siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro juga telah membawa harum nama sekolah.

Diantaranya Refky Satria Bima yang meraih juara 2 pada Cabang Web Design dalam Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) tingkat Provinsi Lampung dan Juara 2 Front end Back end for Website Tingkat Kota Metro, serta Dwi Susanto  yang meraih juara 3 IT Network & System Instalation GIGA IT Festifal tingkat kota Metro. Diakuinya, semarak untuk meriahkan HUT RI di SMK Muhammadiyah 3 Metro ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya terutama lomba karnaval kemerdekaan hingga lomba kreasi masakan nusantara. “tentu ada beberapa point yang dapat diambil dalam kegiatan ini. Salah satunya untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada siswa serta menumbuhkan karakter terhadap cinta budaya dan cinta tanah air. Kalau bukan generasi muda siapa lagi yang akan membangun bangsa indonesia ini” pungkasnya .

 Sumber : Koran Radar Metro || Rabu, 19 Agustus 2015

Daftar Komentar (0)



Komentari Berita


  • Nama: (* Harus Diisi
  • Email: (* Harus Diisi
  • Website: (optional) Gunakan: http://
  • Komentar: (* Harus Diisi
  • Security Code:
    Hasil 30 + 4 = ?